Uji Coba Gage di Jalan Margonda Depok

Gravatar Image
  • Whatsapp

Depok, LiraNews – Uji coba hari pertama Ganjil-Genap (Gage) di Jalan Margonda Raya Fly Over UI) Depok, Jawa Barat, Sabtu (04/12/2021) yang dilakukan Satuan Lalulintas Polres Metro Depok, mendapat respon baik dari masyarakat, mengingat Jalan Protokol ini sering mengalami kemacetan pada hari kerja.

Dengan uji coba Gage ini respon masyarakat dapat dibilang mendukung untuk mengurangi kemacetan pada hari Sabtu dan Minggu (weekend).

 

Pihak Satlantas Polres Metro Depok, pada masa uji coba ini hanya memberikan teguran semata agar masyarakat dapat mengetahui bahwa setiap weekend dapat mengurangi aktivitas atau menggunakan modal transportasi umum untuk dapat memasuki Jalan Margonda Raya, yang nota bene menjadi pusat pertokoan dan wisata kuliner.

Saat ditemui dilokasi Kasat Lantas Kompol Jhoni Eka Putra S.H., S.I.K, mengatakan cek poin dilakukan di Fly Over UI, Depok dimana kendaraan dari arah Jakarta yang hendak memasuki kota Depok diperiksa dan diarahkan bahwa uji coba Gage telah berlaku per hari Sabtu ini hingga Minggu.

“Uji coba ini akan dilakukan di hari Sabtu dan Minggu, misalkan pada tanggal Genap berarti kendaraan yang boleh melintas bernomor Genap, begitu juga sebaliknya, dan ada kendaraan bernomor tidak sesuai pada tanggalnya akan diarahkan untuk melalui jalan lain,” kata Jhoni.

Sebelumnya sosialisasi telah dilakukan Satlantas Polres Metro Depok beberapa minggu lalu, dengan menyebarkan spanduk dibeberapa titik.

“Kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan menyebarkan spanduk. Gage ini sangat bermanfaat mengingat kondisi pandemi Covid-19. Secara tidak langsung mengurangi aktivitasnya masyarakat,” tutur Jhoni.

Sementara itu seorang pengendara mobil (R4) sangat merespon dengan baik diberlakukan nya Gage di Jalan Margonda Raya, mengingat setiap weekend akan dipadati kendaraan bermotor.

“Bagus mas, adanya Gage dapat mengurangi padatnya lalu lintas khususnya di Jalan Margonda Raya. Apalagi saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19,” kata warga Sawangan Depok, yang tidak mau menyebutkan namanya.

Diharapkan dengan uji coba ini apa yang diharapkan warga Depok dapat terwujud dengan mengurangi kemacetan di wilayah Margonda Depok.

Dalam pelaksanaan Gage beberapa pihak ikut membantu Satlantas Polres Depok, diantaranya pihak TNI, Dishub dan Pol PP Kota Depok. LN-TIM

Related posts